Tuesday , 23 May 2017

Vico, Vino, dan Vigo Berjaya di KRI Regional IV Tahun 2016

vico

14 Mei 2016

Malang-Satu lagi prestasi yang berhasil ditorehkan mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM), yaitu juara III di ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) Regional IV Tahun 2016 yang dilaksanakan tgl 5-7 Mei 2016 di Politeknik Negeri Jember.

Pada kompetisi ini tim UM meraih satu nomor di divisi Kontes Robot Sepak Bola kategori Berkaki (KRSBI), dengan menurunkan 3 robot tim yang bernama “Elums” dibimbing oleh Dosen Teknik Elektro Heru Wahyu Herwanto, S.T.,M.Kom dan Dyah Lestari, S.T.,M.Eng, mampu bersaing dengan robot dari Universitas Brawijaya (UB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) dan Universitas Hang Tuah.

Dengan wajah berbinar-binar dan penuh semangat Dr. Eng. Siti Sendari, S.T.,M.T, yang membentuk tim KRSBI UM, menceritakan kembali perjuangan mengikuti kontes ini, khususnya untuk KRSBI yang baru tahun ini mengikuti lomba.

Mulai dari mencari mahasiswa yang mempunyai ketertarikan untuk membuat dan mempelajari robot, menyusun proposal, membeli kamera, komunikasi data dan giro (keseimbangan robot) sampai dengan mendatangkan 2 robot tambahan untuk mengikuti kontes.

Aturan dalam pertandingan tersebut setiap tim harus mengalahkan 4 kontestan lainnya, dengan waktu bertanding 2 x 10 menit, dan tinggi rumput lapangan 4 cm. Ini menjadi tantangan yang berat bagi tim robotik UM yang memiliki tinggi setengah dari robot kontestan lainnya.

Berbekal dengan amunisi yang serba minim, tim “Elums” yang terdiri dari 4 tim inti dan 2 mekanik memberanikan diri untuk turun dikompetisi KRSBI, ternyata semangat, passion yang sama terhadap robot, dan kerja keras tim terbayar dengan perform Vico, Vino dan Vigo mampu menahan serangan tim ATOM (UB), Ichiro (ITS) dan OCEANOID (Hang Tuah) dan hanya menderita kekalahan dari tim EROS (PENS).

“Regenerasi dan estafet untuk menjaga hasrat setiap mahasiswa yang menggemari robot agar terus dijaga, agar tidak terjadi kekosongan generasi penerus robotik di UM ” salah satu harapan yang disampaikan dosen diakhir ceritanya didampingi dengan mahasiswa yang masuk dalam tim KRSBI.

 

Penulis: Seli Sartika dan Kartika Lazuardi
Editor: Moch Syahri
Sumber : www.um.ac.id