Wednesday , 22 February 2017

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS DAN ELEKTROKIMIA MELALUI METODE TERPADU DI MAN TAMBAKBERAS JOMBANG

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI REAKSI REDOKS DAN ELEKTROKIMIA MELALUI METODE TERPADU DI MAN TAMBAKBERAS JOMBANG

Sigit Budi Purwoko*

Guru Kimia MAN Tambakberas
Jl. Merpati Tambakberas Jombang

*Corresponding author’s Email: sigitbudi74@gmail.com

ABSTRAK

Persyaratan penting untuk terwujudnya pendidikan bermutu adalah pelaksanaan proses pembelajaran oleh guru yang profesional, handal dalam layanan dan handal dalam keahliannya. Guru dituntut untuk membantu perkembangan siswa dalam segi kognitif, afektif dan psikomotor serta bukan semata-mata memberikan sejumlah ilmu pengetahuan, tetapi juga harus menciptakan kondisi yang kondusif agar siswa belajar terus menerus. Unsur-unsur tersebut menjadi terpadu dan terjalin dalam hubungan timbal balik antara guru dan siswa pada saat pembelajaran berlangsung.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak siswa yang dapat dengan mudah mempelajari mata pelajaran lain, tetapi mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep dan prinsip-prinsip ilmu kimia. Hal ini disebabkan karena karakteristik dari konsep ilmu kimia yang berbeda dengan konsep ilmu lainnya, sehingga cara mempelajarinya juga tidak sama. Apalagi secara formal konsep ilmu kimia baru diperoleh ketika siswa masuk SMU/MA, sehingga wajar bila mereka mempelajari konsep ilmu kimia dengan cara belajar yang cenderung sama dengan cara belajar untuk konsep ilmu lainnya.

Pada umumnya siswa cenderung belajar dengan hafalan daripada secara aktif mencari tahu untuk membangun pemahan mereka sendiri terhadap konsep ilmu kimia tersebut. Hal ini menyebabkan sebagian konsep-konsep kimia menjadi konsep yang abstrak bagi siswa dan bahkan mereka tidak dapat mengenali konsep-konsep kunci atau hubungan antar konsep yang diperlukan untuk memahami konsep tersebut. Akibatnya, siswa tidak dapat membangun pemahaman konsep-konsep kimia yang fundamental pada awal mereka mempelajari ilmu kimia. Berdasarkan kenyataan tersebut, perlu dikembangkan pembelajaran kimia pada materi Reaksi Redoks dan Elektrokimia di kelas XII IPA2 MAN Tambakberas Jombang tahun pelajaran 2014-2015 yang lebih bermutu agar dapat meningkatkan hasil belajar, mengaktifkan siswa, sekaligus memantapkan konsep dan teori yang diberikan dengan memberikan suatu perlakuan atau tindakan dalam proses belajar mengajarnya.

Perlakuan dan tindakannya adalah dengan menerapkan metode pembelajaran terpadu, yang terdiri: melaksanakan tes kecil, memberikan penjelasan dalam pembelajaran yang bervariatif (seperti menggunakan audio visual), melaksanakan diskusi kelompok dan diskusi kelas serta pemberian tugas mandiri.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Reaksi Redoks dan Elektrokimia, Metode Terpadu