Tuesday , 21 February 2017

SPM Siapkan Stimulus Pemeringkatan E-Jurnal UM

E-Jurnal UM

Malang– Menimbang pentingya kuantitas dan kualitas e-jurnal di suatu perguruan tinggi sebagai salah satu kriteria penilaian kinerja penelitian, UPT Satuan Penjaminan Mutu (SPM) melakukan pelatihan pada tiap-tiap unit kerja di lingkungan Universitas Negeri Malang (UM).

Pengelolaan jurnal yang semula masih dilakukan secara manual, kini dikelola secara elektronik dan didaftarkan kepada Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual melalui aplikasi Akreditasi Jurnal Nasional.

“Mulai tanggal 1 April 2016, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual hanya menerima dan memproses usulan akreditasi jurnal (terbitan berkala) ilmiah nasional yang telah dikelola secara elektronik. Oleh karena itu sesuai kebijakan ini, kami mencanangkan beberapa stimulus guna mempertahankan eksistensi jurnal ilmiah UM dikancah nasional” ungkap Sekretaris SPM Dr. Imam Mukhlis , S.E., M.Si

Lebih lanjut, Dosen jurusan Ekonomi Pembangunan FE ini menambahkan, untuk memudahkan pengelolaan, e-jurnal harus dikelola secara elektronik menggunakan aplikasi open journal systems (OJS). Sehingga penilaian yang dihasilakan akan lebih mudah, cepat, akurat dan transparan.

“Agar Pengelolaan jurnal ilmiah dapat terselenggara dengan baik perlu difasilitasi dengan antara lain sarana dan prasarana, dan sumber daya manusia”, tambahnya

Kegiatan pelatihan OJS yang diselenggarakan  sejak 27 April  s.d 26 Mei 2016 ini dijadwal secara bergiliran untuk masing-masing fakultas. Sehingga  dengan kegiatan pelatihan yang intensif seperti ini, para pengelola jurnal dapat memahami regulasi jurnal secara komprehensif.

Setelah kegiatan pelatihan ini, Tim SPM akan melakukan pendampingan secara intensif pada masing-masing unit kerja. Langkah ini diharapkan mampu memelihara kinerja dan kualitas tim pengelola pada unit tersebut.

Dilain sisi, kuantitas publikasi karya ilmiah UM ini juga diharapkan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bidang pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mendongkarak pemeringkatan UM padawebometric.

Penulis : Suhardi
Editor : Moch. Syahri
Sumber: http://www.um.ac.id/