Tuesday , 12 December 2017

Sepeda Pancal Mudahkan Operasional Saat Car Free Day

Sepeda Pancal Mudahkan Operasional Saat Car Free Day
Malang-
Sudah setahun lamanya sejak diberlakukannya Surat Edaran Rektor UM nomor 13.5.20/UN32.II/TU/2015 tentang pemberlakuan Car Free Day (CFD) setiap hari Jumat, mulai 15 Mei 2015. Keputusan rektor tersebut sebagai salah satu upaya untuk menyediakan ruang publik bagi civitas akademika UM yang memerlukan kawasan nyaman, sehat, dan bebas dari kendaraan bermotor. Kegiatan CFD tersebut dilaksanakan setiap hari jumat mulai pukul 06.00 – 14.30 WIB.

Setelah program ini berjalan satu tahun, muncul beberapa kendala yang harus dihadapi terkait pelaksanaan CFD tersebut. Salah satu diantaranya adalah keterbatasan sarana transportasi untuk mendukung operasional staf kantor ketika harus mengunjungi unit/fakultas yang lain, mengingat UM cukup luas dan jarak antar fakultas dan unit sangatlah jauh.

Dilatar belakangi keluhan dari staf kantor tesebut, Sub Bagian Rumah Tangga BUK UM merespon hal tersebut dengan membagikan beberapa unit sepeda pancal untuk mendukung operasional kantor.

Kasubbag Rumah Tangga Ahmad Muam, S.Pd saat ditemui menyampaikan bahwa pembagian sepeda pancal ini dimulai sejak bulan Mei 2016 dan diperuntukkan bagi operasional kantor.

“Pembagian sepeda pancal ini dimulai sejak bulan Mei 2016, tepat setahun diberlakukannya Car Free Day. Tujuan diberikannya sepeda pancal ini untuk mensukseskan Car Free Day dan untuk operasional kantor, jadi fasilitas sepeda pancal ini tidak untuk pribadi tetapi untuk menunjang keperluan kantor,”ujarnya diawal wawancara.

“Jumlah sepeda pancal yang kita bagikan ada 50 buah sepeda yang tersebar di kantor pusat, BUK, BAKPIK, Rektorat, UPT, dan lembaga. Sedangkan untuk fakultas saat ini masih belum diberikan, Insya Allah mendatang setiap fakultas akan kita berikan satu sepeda untuk mendukung operasional kantor saat hari Jumat,”jelasnya.

“Sepeda pancal tersebut tidak kita khususkan untuk pimpinan, sepeda tersebut lebih kita  harapkan digunakan staf kantor, misalnya untuk mengirimkan surat dari unit ke fakultas, dimana jarak antar kantor tersebut jauh. Bila di hari biasa untuk mengantarkan surat biasa menggunakan sepeda motor, harapannya sepeda pancal ini bisa menjadi pengganti sepeda motor saat berlangsungnya Car Free Day,”terangnya.

“Harapannya dengan adanya sepeda pancal tersebut dapat membantu dan meringankan beban pekerjaan pegawai yang biasa mengantar surat,”harapnya.

 

Penulis  : Kautsar S.
Editor   : Moch. Syahri
Sumber: http://www.um.ac.id/