Wednesday , 26 July 2017

Semarak Pembukaan LKS SMK Tingkat Nasional XXIV Tahun 2016

LKS SMK Tingkat Nasional XXIV Tahun 2016

Malang – Universitas Negeri Malang (UM) menjadi tuan rumah pelaksanaan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Nasional XXIV dan pameran unggulan siswa SMK tahun 2016. Kegiatan yang diselenggarakan rutin setiap tahun oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini digelar tanggal 23 s.d 27 Mei 2016.

Tahun ini LKS mengangkat Tema Pengembangan Kompetensi Siswa Beserta Ekosistem SMK dalam Pembentukan Akhlak, Sikap dan Karakter. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Anies Rasyid Baswedan, Ph.D., menghadiri dan membuka langsung kegiatan di Graha Cakrawala UM.

Hadir pula pada kegiatan tersebut Rektor UM, Prof. Dr. Ah. Rofi’uddin, M.Pd, Wakil Gubernur Jawa Timur, Drs. H. Saifullah Yusuf, Walikota Malang, H. Moch Anton, Walikota Batu, Edy Rumpoko, Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Hamid Muhammad, M.Sc., Ph.D, dan para kepala Dinas Pendidikan serta jajaran undangan lain.

Dalam sambutanya, mendikbud menyampaikan, “Anda adalah putra putri terbaik dan terpilih karena prestasi dari jutaan siswa SMK dari seluruh Indonesia. Untuk bisa menang di masa depan, pertama mari kita siapkan karakter/kebiasaan yang menyangkut moral dan kinerja. Kedua, kita harus punya kompetensi abad 21 yaitu 4C, creativity, critical thingking,communication, dan colaborating,” ujarnya

Menteri juga menambahkan bahwa tahun ini penyelenggaraan LKS berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pemerintah menerapkan program “Keluarga Sebangsa”, yaitu dimana selama kegiatan berlangsung peserta tidak tinggal di hotel, tetapi tinggal di rumah keluarga masyarakat kota Malang. Hal ini diharapkan agar anak muda yang datang dari seluruh Indonesia yang memiliki adat istiadat berbeda ini mampu mempererat ikatan kebangsaan. Para keluarga di kota Malang menjadi pioner pada gebrakan baru ini.

Gelaran pembukaan LKS ini berlangsung semarak dengan berbagai suguhan seni dari siswa SMK. Sebanyak kurang lebih 1.152 orang siswa peserta lomba yang telah lolos seleksi tingkat provinsi didampingi oleh 1.120 orang guru pendamping dan ribuan pendukung acara turut menyaksikan kemeriahan ini.

Jumlah bidang yang di lombakan pada LKS sebanyak 52 bidang lomba dan 2 bidang. Total juri adalah 189 orang yang terdiri dari para akademisi, praktisi maupun professional, yang memiliki integritas dan berdedikasi di bidangnya.

LKS ini merupakan ajang bagi para siswa SMK untuk unjuk kompetensi yang dimiliki dan mengukur capaian kompetensi sesuai standar kompetensi lulusan SMK sekaligus mempromosikan lulusan SMK kepada dunia usaha/ dunia industri serta pemangki kepentingan lainnya.

Galeri terkait dokumentasi Pembukaan LKS SMK Tingkat Nasional ke-24, di Graha Cakrawala UM

 

Penulis: Nike V. Yuarko
Editor: Moch Syahri
Sumber: http://www.um.ac.id/