Monday , 26 June 2017

Prodi S1 Pendidikan Kimia

Gedung Kimia

Gedung Kimia

Visi Progam Studi (S1) Pendidikan Kimia

Menjadi pusat unggulan dan rujukan dalam penyelenggaraan program sarjana pendidikan kimia

Misi Progam Studi (S1) Pendidikan Kimia

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran untuk Program Studi S1 Pendidikan Kimia yang berpusat pada peserta didik, menggunakan pendekatan pembe­lajaran yang efektif, dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi;
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang pendidikan dan pembelajaran kimia yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kesejahteraan masyarakat;
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat melalui pene­rapan pembelajaran kimia yang berorientasi pada pember­dayaan masyarakat; dan
  4. Menyelenggarakan tatakelola kelembagaan mandiri, akuntabel, dan transparan yang menjamin peningkatan kualitas secara berkelan­jutan.

Tujuan Progam Studi (S1) Pendidikan Kimia

  1. Menghasilkan lulusan Sarjana Pendidikan Kimia yang cerdas religius berakhlak mulia, mandiri, dan mampu berkembang secara profesional;
  2. Menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif yang unggul di bidang Pendidikan Kimia;
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat di bidang Pendidikan Kimia, dan terapannya untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri produktif dan sejahtera; dan
  4. Menghasilkan kinerja jurusan untuk mendukung kinerja fakultas yang efektif, efisien, dan akuntabel dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi.

Profil Lulusan Progam Studi (S1) Pendidikan Kimia

  1. Menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran kimia pada jenjang sekolah menengah;
  2. Memahami karakteristik peserta didik dan mengembangkan pembelajaran yang sesuai dengan karakter peserta didik;
  3. Melaksanakan pembelajaran kimia yang efektif-efisien pada jenjang sekolah menengah dan di bawahnya;
  4. Mengidentifikasi masalah-masalah pembelajaran kimia dan menacari solusinya; dan
  5. Siap berkembang secara professional dalam konteks personal dan sosial-institusional.

Standar Kompetensi Lulusan Sarjana (S1) Pendidikan Kimia

Standar kompetensi lulusan sarjana pendidikan kimia dinyatakan sebagai capaian pembelajaran sebagai berikut:

  1. Menguasai konsep teoretis struktur, sifat, dan perubahannya baik pada energi maupun kinetiknya, pemisahan, identifikasi, dan karakterisasi bahan kimia;
  2. Menguasai pengetahuan tentang peserta didik, teori dan metodologi pembelajaran, prinsip, prosedur, dan pemanfaatan evaluasi;
  3. Menguasai metode ilmiah dan prinsip dasar piranti lunak untuk menganalisis dan menyusun strategi penyelesaian masalah pendidikan kimia;
  4. Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kimia sesuai dengan karakteristik peserta didik, karakteristik materi kimia melalui pendekatan saintifik dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media pembelajaran berbasis IPTEKS, dan potensi lingkungan setempat, sesuai standar proses dan mutu, sehingga peserta didik memiliki keterampilan proses sains, berpikir kritis, kreatif dan menyelesaikan masalah;
  5. Mampu melakukan analisis terhadap berbagai alternatif pemecahan masalah pendidikan kimia dan menyajikan simpulannya sebagai dasar pengambilan keputusan;
  6. Mampu melaksanakan dan mempertanggungjawabkan pekerjaan dalam bidang pendidikan kimia secara mandiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja institusi atau organisasi; dan
  7. Mampu berpartisipasi dalam tim dan memiliki komitmen terhadap pengembangan potensi diri dalam rangka pembentukan karakter untuk mencapai tujuan organisasi.

Struktur Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Kimia

Klik

Distribusi Sajian Matakuliah

Klik