Wednesday , 22 February 2017

Rofiatul Muna, Harumkan UM di Ihtifal IPT Asean

timthumbEPATTCI3

Malang – Satu lagi prestasi mengagumkan dipersembahkan oleh mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM). Rofi’atul Muna, mahasiswa prodi S1 Bahasa Arab meraih juara 2 Tilawah Qur’an di ajang bergengsi Ihtifal Institusi Pengajian Tinggi (IPT) tingkat Asean.

Kegiatan Ihtifal 2016 ini digelar bulan April lalu bertempat di University Sains Islam Malaysia (USIM) dengan tiga kategori lomba yaitu Tilawah Quran, debat bahasa Arab, dan Nasyid. Mahasiswi kelahiran Bojonegoro, 29 November 1994 ini berhasil memukau juri dengan kategori penilaian Tajwid, Fashohah, Tarannum, dan suara yang berkualitas.

Bakat emas ini dimiliki Rofi’atul Muna sejak sekolah dasar dan terus di kembangkan hingga sekarang. UKM Al-Quran Study Club (ASC) yang dimiliki UM juga menjadi wadah untuk mengasah kemampuan dengan sesama mahasiswa dalam mengalunkan ayat-ayat suci Al-Quran.

Selain mengharumkan  nama universitas, gadis yang aktif ikut dalam berbagai kejuaraan MTQ baik tingkat regional maupun nasional ini juga berhak atas hadiah uang dari penyelenggara ihtifal 2016 sebesar 1000 Ringgit Malaysia (RM). Keberhasilan ini semakin menunjukkan kualitas mahasiwa UM yang layak diperhitungkan di kancah internasional.

Selain mengirimkan delegasi pada lomba Tilawah Quran, UM juga mengirimkan tim untuk mengikuti debat bahasa Arab dan lolos hingga masuk peringkat 12. Para peserta bertolak negeri jiran Malaysia dengan didampingi pembimbing yaitu Dr. Kholisin, M.Hum.

 

Penulis: Nike V. Yuarko/ Suhardi
Editor: Moch Syahri
Sumber : www.um.ac.id