Friday , 24 November 2017

PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR MATERI LARUTAN ELEKTROLIT-NON ELEKTROLIT ANTARA SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DAN LEARNING CYCLE 5E-THINK TALK WRITE (TTW) PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 BATU

PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR MATERI LARUTAN ELEKTROLIT-NON ELEKTROLIT ANTARA SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN  LEARNING CYCLE 5E  DAN LEARNING CYCLE 5E-THINK TALK WRITE (TTW)  PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 BATU

Neni Triwidayanti*, Endang Budiasih dan Dedek Sukarianingsih

Prodi Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Malang 65145

* Corresponding author’s email: neni.triwidayanti@yahoo.com

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, hasil belajar, dan motivasi belajar pada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E, dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E-Think Talk Write (TTW) pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu. Kelas eksperimen dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E-Think Talk Write (TTW), dan kelas kontrol dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E. Instrumen penelitian divalidasi dengan tingkat validasi 74% dengan kriteria baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran Learning Cycle 5E-Think Talk Write memiliki rata-rata sebesar 89,53% dan hasil keterlaksanaan model pembelajaran Learning Cycle 5E memiliki rata-rata sebesar 89,06%. (2) Ada perbedaan hasil belajar kognitif materi larutan elektrolit dan non elektrolit antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E-Think Talk Write (TTW), dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E. Rata-rata nilai hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E-Think Talk Write (=73,06) lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E (=65,41). Hasil belajar afektif siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E-Think Talk Write (=86,76) lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E (=85,00), dan (3) Motivasi belajar pada siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E-Think Talk Write (=82,70) lebih tinggi daripada motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Learning Cycle 5E (=80,47).

Kata kunci: Model Pembelajaran Learning Cycle 5E, Think Talk Write, Hasil Belajar, motivasi belajar.