Monday , 24 April 2017

PENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR KIMIA TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERMEDIA MINDJET PADA SISWA KELAS X TKPI SMK

PENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR  KIMIA  TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERMEDIA MINDJET PADA SISWA KELAS X TKPI  SMK

Ntik Janti Antiasih Kusumarati*

SMK Negeri 2 Turen Malang
Jl. Gatot Subroto 69, Turen, Kabupaten Malang

* Corresponding author’s email: udething@gmail.com

ABSTRAK

KTSP mendorong terwujudnya proses pembelajaran bermakna yang menekankan pada learning to know, learning to do, learning to be dan learning to live together. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas: (1) proses belajar dan (2) hasil belajar kimia, materi pokok lambang unsur, rumus kimia dan persamaan reaksi dengan model Cooperative tipe Team Assisted Individualization (TAI) bermedia Mindjet pada siswa SMK. Rancangan penelitian adalah tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa SMK kelas X kompetensi keahlian Teknika Kapal Penangkap Ikan yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Cooperative tipe TAI bermedia Mindjet dapat meningkatkan kualitas proses belajar sekitar 10% dari siklus I ke siklus II siswa terlibat untuk berpartisipasi aktif selama proses pembelajaran, dan dapat meningkatkan kualitas hasil belajar siswa, di akhir siklus ke II sebanyak 93% (28 siswa) telah mencapai skor di atas KKM (75)

Kata Kunci: Cooperative TAI, Hasil Belajar, Kualitas Proses, Media Mindjet