Monday , 16 January 2017

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENGEKSLPISITKAN HAKIKAT SAINS (NOS) DAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI IKATAN KIMIA DAN GAYA ANTARMOLEKUL

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENGEKSLPISITKAN HAKIKAT SAINS (NOS) DAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI IKATAN KIMIA DAN GAYA ANTARMOLEKUL

Ivan Ashif Ardhana*, Sri Rahayu, Prayitno

Jurusan Pendidikan Kimia, FMIPA, Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5, Malang 65145, Telp: 0341-551334

 *Corresponding author’s Email: ivanashif@gmail.com

ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan prototipe bahan ajar menggunakan pendekatan saintifik untuk mengeksplisitkan hakikat sains dan berpikir kritis pada materi ikatan kimia dan gaya antarmolekul. Pengembangan menggunakan model 4D yang terdiri dari tahap membatasi, merancang, mengembangkan, dan menyebarkan. Data penelitian berupa hasil validasi dianalisis secara deskriptif kuantitatif untuk mengetahui kelayakan bahan ajar yang dikembangkan. Hasil validasi menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan pada pembelajaran kimia SMA.

 

Kata Kunci: bahan ajar, literasi sains, hakikat sains, berpikir kritis, pendekatan saintifik