Tuesday , 23 May 2017

PENGARUH STRATEGI THINK-PAIR-SHARE LEARNING BERBANTUAN MEDIA ON-LINE TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA KIMIA UNIVERSITAS NEGERI MALANG

PENGARUH STRATEGI THINK-PAIR-SHARE LEARNING BERBANTUAN MEDIA ON-LINE TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA KIMIA UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Detris Poba1*, Surjani Wonorahardjo1, Siti Marfu’ah1

Pendidikan Kimia Pascasarjana Universitas Negeri Malang (UM)1
Jalan Semarang No. 5 Malang, 65145

*Corresponding author’s Email: detrispoba@ymail.com.

ABSTRAK

Analisis instrumen I merupakan matakuliah kelompok bidang kimia analitik yang disusun dalam kurikulum kimia Universitas Negeri Malang. Matakuliah tersebut membahas materi-materi yang berhubungan dengan analisis modern, dan salah satunya adalah analisis dengan menggunakan metode spektroskopi atom. Spektroskopi atom pada prinsipnya merupakan materi yang mempelajari konsep-konsep dasar yang bersifat abstrak. Kesulitan mahasiswa dalam memahami konsep-konsep tersebut terlihat dari persentase mahasiswa angkatan sebelumnya yang mendapat skor di bawah 65 yaitu sebanyak 65%. Solusi alternatif untuk mengatasi masalah ini adalah: 1) memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengkonstruk pengetahuannya secara mandiri melalui proses berpikir, 2) melibatkan mahasiswa dalam kelompok kecil untuk berbagi pendapat, 3) mendorong mahasiswa untuk menciptakan lingkungan belajar interaktif melalui diskusi di antara sesama mahasiswa maupun pengajar, 4) melaksanakan pembelajaran dengan bantuan media online. Penerapan think-pair-share learning berbantuan media online merupakan pembelajaran yang mendukung keempat solusi tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh think-pair-share learning berbantuan media on-line pada tahap think dan pengaruh think-pair-share learning berbantuan media on-line pada tahap share terhadap hasil belajar mahasiswa.

Penelitian ini menggunakan posttest-only control group. Sampel penelitian adalah 58 mahasiswa kimia semester V Universitas Negeri Malang tahun ajaran 2014/2015, masing-masing terdiri dari 27 mahasiswa off G sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan think-pair-share learning berbantuan media on-line pada tahap think  dan 31 mahasiswa off H sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan dengan think-pair-share learning berbantuan media on-line pada tahap share. Data penelitian terdiri dari skor hasil belajar mahasiswa. Uji t digunakan untuk melihat perbedaan hasil belajar mahasiswa.

Hasil penelitian memperlihatkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar  antara mahasiswa yang dibelajarkan dengan think-pair-share learning berbantuan media on-line pada tahap think dan mahasiswa yang dibelajarkan dengan think-pair-share learning berbantuan media on-line pada tahap share.

Kata Kunci: think-pair-share, media online, hasil belajar, spektroskopi atom