Saturday , 23 September 2017

PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PROBLEM POSING DIPADUKAN DENGAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA KELAS XI IA SMA NEGERI 8 MALANG PADA MATERI KESETIMBANGAN KELARUTAN

PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PROBLEM POSING DIPADUKAN DENGAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA KELAS XI IA SMA NEGERI 8 MALANG PADA MATERI KESETIMBANGAN KELARUTAN

Meiliyah Ulfa*, Surjani Wonorahardjo, Sri Rahayu

Program Studi S2 Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5, 65145

*Corresponding author’s Email: meiliyah28@gmail.com 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi problem posing dipadukan dengan blended learning dan strategi problem posing yang dilihat dari aspek: (1) hasil belajar dan (2) persepsi siswa. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-test-post-test control group design yang melibatkan dua sampel penelitian, yaitu siswa kelas XI IA 1 (kelas eksperimen) dan XI IA 3 (kelas kontrol) SMA Negeri 8 Malang. Populasi penelitian (kelas XI SMA N 8 Malang) bersifat homogen, sehingga pengambilan sampel tersebut digunakan cluster random sampling. Data penelitian berupa hasil belajar siswa diperoleh dari instrumen berupa lembar soal tes yang terdiri dari 25 soal pilihan ganda. Data persepsi siswa diperoleh dari instrumen berupa angket persepsi siswa yang mencakup lima faktor yaitu pengajar, teknologi, manajemen kelas, interaktivitas, dan pengajaran. Validitas isi diuji oleh tim ahli, validitas butir soal dianalisis dengan menggunakan product moment pearson, dan reliabilitas butir soal dianalisis menggunakan Spearman-Brown. Hasil uji validitas isi memperoleh persentase 61% yang menunjukkan bahwa butir soal memilik kriteria baik. Hasil uji validitas butir soal memperoleh 26 butir soal valid dan 4 butir soal tidak valid. Hasil uji reliabilitas memperoleh 27 butir soal reliabel dan 3 soal tidak reliabel. Analisis data hasil belajar siswa menggunakan anakova, sedangkan analisis persepsi siswa menggunakan alpha cronbach dan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan strategi problem posing dipadukan dengan blended learning dan strategi problem posing berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil pengujian dengan anakova menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada kedua kelas penelitian. Siswa kelas eksperimen memiliki rata-rata hasil belajar lebih tinggi  dibandingkan kelas kontrol. (2) Penerapan strategi problem posing dipadukan dengan blended learning berpengaruh positif terhadap persepsi siswa.

Kata kunci: problem posing, blended learning, hasil belajar siswa, persepsi siswa, kesetimbangan kelarutan