Tuesday , 25 April 2017

PENGARUH PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DIPADU DENGAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATERI REDOKS SISWA KELAS X SMA

PENGARUH PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DIPADU DENGAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATERI REDOKS SISWA KELAS X SMA

 

Anggun Winata*, Surjani Wonorahardjo, Endang Budiasaih

Jurusan Pendidikan Kimia, FMIPA, Universitas Negeri Malang

Jl. Semarang 5 Malang

*Corresponding author’s Email: anggunwinata@gmail.com

ABSTRAK

 

Materi redoks melibatkan beberapa konsep yang bersifat abstrak. Hal tersebut menyebabkan siswa sering mengalami kesulitan dan kesalahan konsep dalam memahami konsep tersebut. Pemaduan blended learning dengan learning cycle 5E merupakan salah satu inovasi dalam pembelajaran kimia yang dapat membantu siswa dalam memahami konsep kimia yang bersifat abstrak. Pembelajaran tatap muka menggunakan learning cycle 5E dan pembelajaran online menggunakan LMS yaitu program moodle. Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa: pembelajaran materi redoks menggunakan learning cycle 5E dipadu dengan blended learning memberikan hasil belajar kognitif lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan learning cycle 5E

 

Kata Kunci: Learning Cycle 5E, Blended Learning, Hasil Belajar