Wednesday , 29 March 2017

Matakuliah Pendidikan Agama Islam Islamic Religion

1

Kompetensi/Competencies

Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi luhur, berpikir filosofis,  ber­si­kap rasional dan dinamis, berpan­dangan luas, ikut serta dalam kerjasama antar umat beraga­ma ­dalam rangka pengem­bang­an dan pemanfaatan ilmu dan teknologi untuk kepen­tingan manusia dan nasional/Believing to god, having god atitudes, rational and dynamic, having a good insight and participating in science and technology development

Bahan Kajian/Subject Matters

Pengertian agama, pengenalan terhadap Tuhan, fungsi agama, macam-macam agama (samawi dan budaya); Pengertian Agama Islam: ruang lingkup, karakteristik, sumber dan norma ajaran Islam (Al-Qur’an, Hadist, dan Ijtihad); Manusia dalam berbagai pandangan Islam dan Ilmu Pengetahuan; Peribadatan dalam Islam; pengertian ibadat, pembagian dan syarat diterimanya ibadat. Pangkal Ibadat dan hikmat yang ter­kandung di dalamnya; Membangun Keluarga Sakinah); pengertian, hikmat, asa, rukun, mahar, mahram, kawin campur dan kewarisan; Akhlak: Pengertian akhlak, aliran-aliran moral, pembagian akhlak dalam Islam; Islam dan masalah komtemporer: KAM dan HAM dalam Islam, Pelestarian lingkungan, Perekonomian dan Pembaharuan dalam Islam./Definition of Religion, recognition to God, purpose of religion, kind of religion (heavenly and culture); Islamic religion: scope, characteristic and norm sources of Islam (Al-Qur’an, Hadist, dan Ijtihad); Human in Islamic and science view; Ibadah in Islam; definition, categories, and the conditions to be it accepted in Islam; building of happy family: definition, rukun, mahar, mahram, kawin campur and inheritance; Akhlak: definition and its categories in Islam; Human right in Islam

Tujuan/Objectives

Setelah mempelajari materi ini melalui telaah literatur, mahasiswa dapat memahami pengertian agama, pengenalan terhadap Tuhan, fungsi agama, macam-macam agama (samawi dan budaya);pengertian Agama Islam: ruang lingkup, karakteristik, sumber dan norma ajaran Islam (Al-Qur’an, Hadist, dan Ijtihad); Manusia dalam berbagai pandangan Islam dan Ilmu Pengetahuan; Peribadatan dalam Islam; pengertian ibadat, pembagian dan syarat diterimanya ibadat. Pangkal Ibadat dan hikmat yang terkandung di dalamnya; Membangun Keluarga Sakinah); pengertian, hikmat, asa, rukun, mahar, mahram, kawin campur dan kewarisan; Akhlak: Pengertian akhlak, aliran-aliran moral, pembagian akhlak dalam Islam; Islam dan masalah kom­­temporer: KAM dan HAM dalam Islam, Pelestarian lingkungan, Perekonomian dan Pem­ba­­haruan dalam Islam./After learning the subject matter by literature study, students are able to understand definition of Religion, recognition to God, purpose of religion, kind of religion (heavenly and culture); Islamic religion: scope, characteristic and norm sources of Islam (Al-Qur’an, Hadist, dan Ijtihad); Human in Islamic and science view; Ibadah in Islam; definition, categories, and the conditions to be it accepted in Islam; building of happy family: definition, rukun, mahar, mahram, kawin campur and inheritance; Akhlak: definition and its categories in Islam; Human right in Islam

Daftar Pustaka/References

  1. Alqur’anul karim
  2. Syihab, M. Quraish. 1999. Wawasan Al-Qur’an. Bandung: Penerbit Mizan.
  3. Imarah, Muhammad. 1999. Islam dan Pluralitas: Perbedaan dan Kemajemukan dalam Bing­kai Persatuan (terjemahan Abdul Hayyie Al Kattanie). Jakarta: Gema Insan.
  4. Ibnu Hajjaj, Abdul Husain Muslim. 1954. Shahih Muslim.
  5. Ash-Shabuny, Muhammad Ali. Shafwatu at-Tafaasir. Lebanon: Darr el-rasyad.
  6. Zuhdi, Masfuk. 1988. Masail Fiqhiyah. Jakarta: Haji Masagung.

Syaikh Muhammad Nashiruddin Al Albani. 2012. Sifat Sholat Nabi. Media Hidayah: Solo