Friday , 28 April 2017

Pelepasan Mahasiswa PDEC 2016

Mahasiswa PDEC

Mahasiswa PDEC

Malang- English is my habit. Itulah bentuk antusiasme peserta PDEC Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pasca mengikuti pembelajaran bahasa inggris di UM.

 Dua puluh peserta Pre-Departure English Course (PDEC) UNY, Sabtu, 28 Mei 2016 di lepas untuk kembali ke UNY. Sebelumnya peserta yang terdiri dari para dosen dari delapan fakultas di lingkungan UNY ini, menjalani pembelajaran bahasa inggris selama tiga bulan di UM.

“Terima kasih atas pembelajaran yang telah diberikan UM selama ini. kami telah mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat, dan hal tersebut akan menjadikan bekal para peserta PDEC dalam menempuh studi ke luar negeri pada waktu mendatang”, ungkap Arumi Savitri Fatimaningrung S.Psi, M.A

Selama tiga bulan tersebut, para peserta PDEC UNY menjalani pendidikan di Balai Pusat Bahasa Fakultas Sastra (FS) UM. Ketua Jurusan Sastra Inggris FS, Dr. Johannes A.P, M.Pd., M.Ed menyampaikan bahwa pelaksanaan pembelajaran berhasil signifikan.

“Hasil Evaluasi para peserta PDEC sangat membanggakan. Dari pelaksanaan pembelajaran selama tiga bulan, kehadiran peserta dalam kelas menunjukkan prosentase sekitar 96%. Hal ini membuktikan bahwa peserta sangat serius dalam mengikuti kegiatan ini”, jelas  Dr. Johannes A.P, M.Pd., M.Ed

Lebih lanjut, Dosen yang gemar bermusik ini menambahkan, bahwa sistem pembelajaran yang dilakukan untuk peserta PDEC menggunakan alokasi waktu 360 jam atau setara dengan 180 pertemuan, yang dilaksanakan pada hari Senin s.d Jumat, mulai jam 07.00 -15.00 WIB.

“peserta PDEC mempelajari kompetensi empat keterampilan berbahasa yaitu, Listening, speaking, reading, dan writing. Selain itu peserta juga dibekali grammer,  dan academic and social orientation sebagai bekal para peserta menempuh studi di luar negeri”, lanjutnya.

Selain Rektor UM, acara yang diselenggarakn di Lobby Rektorat Gedung A1 Lantai 1 sejak pukul 19.00 WIB tersebut juga dihadiri para Wakil Rektor UM, Dekan FS, dan Pimpinan Jurusan Bahasa Inggris.

Dalam sambutan penutupannya Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd, menyampaikan apresiasinya terhadap para peserta PDEC yang mengikuti program pendidikan dengan baik.

“Berdasarkan laporan yang disampaikan panitia tadi, Saya sampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada saudara semuanya. Saudara telah mengikuti arahan dan pola pendidikan yang kami terapkan dengan baik.”, sambut Rektor UM

Rektor UM menambahkan bahwa dengan dipercayanya UM sebagai mitra UNY, akan makin mengokohkan kerjasama antar kedua perguruan tinggi tersebut.

Disamping tes yang berbasis internal, peserta PDEC juga menjalani tes berbasis internasional yang diselenggarakan antara panitia PDEC dengan IALF surabaya.

Galeri Penutupan PDEC 2016

Penulis : Suhardi
Editor : Moch. Syahri
Sumber: http://www.um.ac.id/