Wednesday , 18 October 2017

MENGGALI PEMAHAMAN KONSEP DAN IDENTIFIKASI MISKONSEPSI CALON GURU KIMIA PADA TOPIK IKATAN IONIK MENGGUNAKAN INSTRUMEN DIAGNOSTIK TWO-TIER

MENGGALI PEMAHAMAN KONSEP DAN IDENTIFIKASI MISKONSEPSI CALON GURU KIMIA PADA TOPIK IKATAN IONIK MENGGUNAKAN INSTRUMEN DIAGNOSTIK TWO-TIER

Muchson*a, Prayitnoa, M. Su’aidya

a Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Negeri Malang                     Jalan Semarang No. 05 Malang Kode Pos 65145

*Corresponding author’s Email: m.muchson.fmipa@um.ac.id

ABSTRAK 

Salah satu topik dalam pembelajaran kimia yang menjadi fokus dalam penelitian miskonsepsi adalah ikatan ionik, sedangkan salah satu sumber miskonsepsi adalah pengajar/guru. Penelitian ini bertujuan untuk menggali pemahaman konsep dan mengidentifikasi miskonsepsi mahasiswa yang dialami oleh para calon guru kimia pada topik ikatan ionik. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah  110 mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Negeri Malang angkatan 2013. Instrumen penelitian berupa tes diagnostik two-tier yang terdiri dari 33 butir soal valid yang telah dikembangkan oleh Prayitno (et al., 2013). Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata pemahaman mahasiswa calon guru kimia pada konsep-konsep dalam topik ikatan ionik tergolong cukup dan ditemukan 13 miskonsepsi.

Kata kunci : pemahaman konsep dan miskonsepsi, ikatan ion, calon guru kimia