Thursday , 19 January 2017

M. Afandi Raih Juara 1 Chinese Bridge Competition Nasional


 

M. Afandi Raih Juara 1 Chinese Bridge Competition Nasional

 

Malang – Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) kembali mendulang prestasi. Kali ini M. Afandi, mahasiswa Prodi Bahasa Mandarin berhasil meraih juara I  di ajang Chinese Bridge Competition ke -15tingkat nasional. Kompetisi yang digelar pada 14 -15 Mei 2016 di Jakarta ini diikuti oleh 34 orang peserta yang datang dari 11 provinsi di Indonesia.

Kegiatan ini dibagi menjadi 4 kategori yaitu Lomba Pengetahuan Kebudayaan dan Sejarah Tiongkok, Lomba Pidato, Menjawab Pertanyaan Secara Langsung, dan Pertunjukkan Kesenian Tiongkok. M. Afandi pada lomba tersebut menampilkan tarian tradisional tiongkok yang berjudul 《少年韩信》(Shào Nián Hán Xìn) yang dipadukan dengan menulis Kaligrafi uno Tiongkok.

Mahasiswa semester 4 ini menyampaikan rasa syukurnya atas prestasi yang baru saja di raih. Disampaikan juga bahwa keinginan mengikuti lomba ini sudah ada sejak dulu, apalagi  orang tua dan dosen memberikan dukungan penuh.

“Dosen pembimbing, teman dan bahkan Ibu Qin Xiaohe selaku pimpinan Pusat Bahasa Mandarin juga ikut turun tangan dalam melatih. Mereka sangat disiplin dan serius untuk memenangkan lomba ini dengan berlatih terus menerus diluar jam kuliah. Lelah memang, tapi inilah yg disebut sebagai perjuangan dan pengorbanan. Kerja keras kami tidak sia-sia karena akhirnya berhasil mendapatkan Juara 1”, ujarnya.

Sebelumnya, M. Afandi pernah mendapatkan beasiswa kuliah di Tiongkok tepatnya di Southwest University Hongqing selama setahun dari Pusat Bahasa Mandarin UM karena lolos tes HSK Level 3 dengan nilai tertinggi. Kemenangan kali ini juga akan membawanya ke Beijing untuk mewakili Indonesia di ajang Chinese Bridge Competition tingkat internasional untuk bersaing dengan mahasiswa dari seluruh dunia.

Penulis: Nike V. Yuarko
Editor: Moch. Syahri
Sumber: http://www.um.ac.id/