Thursday , 20 July 2017

Laboratorium Sentral Kimia Kembangkan Fasilitas Teknologi Nano

Lab Sentral

Lab Sentral

Malang-Laboratorium Sentral Kimia Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)  Universitas Negeri Malang (UM) senantiasa terus menerus berupaya meningkatan kualitas perannya dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Salah satu usaha yang dilakukan adalah mengundang vendor instrumen analisis dan pengukuran dari TP HiLab. Alat tersebut sangat dibutuhkan untuk menunjang kegiatan riset di UM khususnya bidang Kimia,

“Alat ini merupakan pengukur distribusi ukuran partikel nano. Saat terkena laser partikel akan memantulkan sinar laser dan ditangkap oleh sensor elektronik, kemudian diolah oleh software sehingga diperoleh distribusi ukuran partikel nano”. Ujar Bapak Eddy, Marketing Engineering PT. Hilab

Dr.Sc. Anugrah Ricky Wijaya, S.Si, M.Sc., salah satu dosen Jurusan Kimia FMIPA UM,  mengatakan bahwa alat ini dapat digunakan untuk memeriksa keberhasilan pembuatan partikel berukuran nano, selanjutnya bias dianalisa dengan menggunakan Scanning Electron Microscope (SEM) untuk melihat struktur permukaannya.

Kegiatan presentasi instrumen Dynamic Light Scattering (DLS)  diselenggarakan di Ruang Rapat Laboratorium Sentral Jurusan Kimia FMIPA UM, tanggal 1 Juni 2016 dengan dihadiri oleh 24 dosen dan mahasiswa Jurusan Kimia FPMIPA UM.

Penulis: Ony H
Editor: Moch. Syahri
Sumber: http://www.um.ac.id/