Friday , 22 September 2017

Laboratorium Sentral FMIPA

 

 

Laboratorium Sentral Mineral dan Material Maju FMIPA Universitas Negeri Malang adalah laboratorium Riset Terpadu yang bekerja secara Multidisipliner khususnya bidang ilmu-ilmu dasar dan terapan. Laboratorium Sentral Mineral dan Material Maju FMIPA memiliki kemampuan riset dibidang Microscopy, Spectroscopy, Structural Analysis, Metalurgical Analysis, Bio-Material, Bio-Chemical, Advance Ceramics, Geophysics. Laboratorium ini mendukung pencapaian Visi UM, yaitu menjadikan UM sebagai perguruan tinggi unggul yang peduli terhadap nilai kemanusiaan dan menjadi rujukan dalam pengembangan bidang kependidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Hal ini ditunjukkan dengan kecanggihan peralatan yang dimiliki dan berstandart Internasional.

Laboratorium Sentral Mineral dan Material Maju FMIPA UM mendukung pencapaian Misi UM, khususnya misi nomor 1 dan 2, yaitu :

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi dengan memperhatikan aspek pemerataan dan perluasan akses bagi masyarakat.
  2. Meningkatkan mutu, relevansi dan daya saing melalui pendidikan dan pembelajaran, penelitian dan pengembangan ilmu, dan pengabdian kepada masyarakat. Laboratorium Sentral harus dikelola secara khusus oleh Tim yang diketuai oleh Kepala Laboratorium dan beranggotakan para peneliti Senior di Lingkungan FMIPA UM, serta bertanggungjawab kepada Dekan.

Laboratorium Sentral Mineral dan Material Maju FMIPA UM diharapkan dapat menggali dana dari Luar UM, agar mampu mengelola biaya operasional peralatan dan biaya perbaikan ringan, sehingga tidak sepenuhnya membebani anggaran rutin Fakultas dan Universitas. Mekanisme penggalian dana dari Luar Kampus harus mengikuti aturan yang berlaku di Universitas Negeri Malang. Laboratorium Sentral dapat menggali dana dari masyarakat melalui biaya jasa pengukuran atau pengujian sampel. Besarnya biaya jasa pengujian sampel harus memperhitungkan biaya-biaya bahan habis operasional alat (spare part, gas-gas yang diperlukan, konsumsi listrik, jasa teknisi, jasa analis dan biaya perawtan alat). Besarnya biaya jasa ditentukan oleh Tim Peneliti Senior denngan memperhatikan komponen-komponen biaya tersebut di atas. Laboratorium Sentral harus dapat menjalin kerjasama dengan Perusahaan, Lembaga Riset, Perusahaan Jasa Pengujian Sampel, Perguruan Tinggi, Pemerintah daerah, dan Pihak Luar Negeri. Kerjasama dengan pihak lain harus bersifat saling menguntungkan kedua pihak. Bentuk kerjasama dirumuskan oleh Tim Pengelola Laboratorium Sentral Mineral dan Material Maju FMIPA.

1 2 3