Sunday , 19 November 2017

KULIAH TAMU Prodi Pendidikan IPA 2016

16 Mei 2016

Kultam 1
Bulan April kita punya cerita baru nih teman-teman…..!!! Rabu ( 6 April 2016 ), Prodi Pendidikan IPA kembali mengadakan Kuliah Tamu. Wah, kuliah rame-rame lagi…., bareng sama semua angkatan di Prodi Pendidikan IPA mulai dari kakak pertama sampai adek termuda. Kuliah tamu kali ini diselenggarakan di Aula 01 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang, waw…dingins!!!. Pada acara ini mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA dari angkatan tahun 2012 s/d 2015 dipertemukan dalam suatu forum, dimana dalam forum tersebut mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA diberikan suatu materi yang sangat menarik mengenai penyuluhan NAPZA, ada yang pakek NAPZA???…. Enggak lah ya, kan anak Pendidikan IPA baik-baik..hehehe…

Tujuan dari kuliah tamu tentang NAPZA ini adalah agar kita semakin tahu tentang NAPZA dan cara penyuluhan kepada pengguna NAPZA, materi suuuuper keren ini disampaikan oleh BBN Kota Malang dan yang lebih keren lagi pematerinya adalah mantan pecandu NAPZA!!!, wah..wah…wah….hebat kan bisa belajar langsung dengan orang yang mengenal NAPZA luar dan dalam. Selain itu teman-teman kuliah tamu ini juga untuk meningkatkan silaturahmi antara seluruh angkatan Prodi Pendidikan IPA, biar kakak-kakak kenal sama adek-adek, dan adek-adek kenal sama kakak-kakak semua terutama yang angkatan 2012, yah kan sekarang kakak-kakak kita lagi berjuang buat tugas akhir, cemangat kakak…..kami selalu mendukung kalian!!!.

Kembali ke topik, oke teman-teman, kita bahas lagi yu kuliah tamunya, kuliah tamu kita kali ini temanya adalah “Drags, Drug You Down”. Hayoo, udah tau artinya kan??? Tema yang sangat menarik ini tidak hanya dibuat tanpa adanya tujuan, tetapi dari Prodi IPA sendiri memiliki tujuan mengenai pentingnya pengetahuan mengenai bahaya narkoba khususnya bagi para pemuda yang tidak lain adalah mahasiswa. Seperti yang kita ketahui bahwa lulusan dari Program Studi Pendidikan IPA nantinya merupakan calon tenaga pendidik,,,iya calon pendidik! calon bapak guru dan ibu guru yang ganteng dan cantik. keren gak tu….nah maka dari itu temen-temen materi ini sangat menarik untuk diangkat guna menghasilkan calon tenaga pendidik yang bersih dan bebas narkoba, dan bisa jadi contoh yang baik ya guys….

Acara kuliah tamu dimulai pukul 09.50, acara dibuka oleh MC cantik kita dari angkatan 2015, ehm…udah pada taukan siapa namanya, kan udah kenalan kemaren, gak perlu disebutin lagi kan, entar dia GR lagi…wkwkwk. Setelah acara dibuka dan acara dimulai dengan pemberian sambutan yang disampaikan oleh Koordinaor Prodi Pendidikan IPA yaitu Dr.Munzil S, Pd. M,Si dan Wakil Dekan I Dr.Ibrohim M,Si serta perwakilan dari BNN, dan sekarang waktunya capcus menuju tujuan utama kita. Akhirnya teman setelah mendengar sambutan panjang dari para bapak dan ibu sampai juga pada inti acara.

Materi pertama disampaikan oleh BNN (Badan Narkotika Nasional) kota Malang, wah….kita dapat ilmu banyak kan disini!. Mulai dari apa itu NAPZA, bahaya NAPZA, kasus-kasus penyalahgunaan napza di Indonesia terutama kota Malang yang aduh… miris liatnya, masa anak SD udah kenal NAPZA…Kita perlu waspada…waspadalah…waspadalah!!!, materi lainnya adalah cara pengedaran NAPZA…eitz, pengedaran?? Teman-teman jangan salah faham ya, kita bukan diberi materi untuk menyebarkan NAPZA kok, tapi cuma pengetahuan aja lewat mana sih si NAPZA ini sampai ke tanah air kita tercinta, kan kalo kita tau kita bisa menghindarinya. Ya gak teman-teman, setuju kan???.
Kultam 2

Aduh, udah mulai panas nih, lanjut ke cerita selanjutnya. Jam 11 kayaknnya temen-temen udah pada lesu aja, wajah-wajah penuh beban nampak jelas, jadi gak tega liatnya,kacian temen-temenku! nah karena kayaknya para peserta kuliah tamu pada kurang vitamin, kita kasih pemateri kedua kita, ini dia maaaaas BEJO….wkwkwkwkwkwk. tapi ini bukan BEJO sembarang BEJO loh, ini juga bukan BEJOnya tuh disini…..tapi BEJOnya tuh terpampang nyata, cetar bangat temen-teman…., kenapa jadi campuran antara princes sama dangdut yah???. Oke lupakan, disini mungkin ane mulai lelah, tapi enggak merasa sedih!

Mas Bejo merupakan pendiri Slankers pertama di kota Malang dan juga memiliki serangkaian prestasi yang sangat luar biasa yang saking banyaknya jadi gak bisa nyebutin nih temen-temen. Mas bejo ini emang keren bangat, baru melangkah satu langkah di depan pintu aja semua langsung ketawa nggak jelas, wkwkwk. Mungkin  karena mas Bejo ini bakat jadi pelawak kali ye…!

Materi yang disampaikan oleh Mas Bejo ini benar-benar menjadi vitamin buat para peserta, wajah-wajah penyandang beban langsung berubah segar bugar, wah jadi semangat lagi nih ceritanya. Materi NAPZA yang disampaikan mas Bejo ini bukan materi seperti pada umumnya, melainkan pengalaman yang benar-benar nyata dirasakan oleh mas Bejo. Ihhh, ngeri temen-temen, apalagi pas Mas BEJO bilang rasanya orang sakaw itu kaya ngerasa kuku-kuku lepas dari jari, tulang rusuk kaya remuk, aduh…..temen-temen bisa bayangin sendirikan kaya gimana rasanya sakaw itu…makanya temen, gak usah deketin deh, itu si NAPZA, dia mah anaknya nakal banget….temen-temen gak mau kan kukunya lepas, apalagi tulang rusuknya yang lepas…ihhh!!!.

Wah udah puas nih denger dongengnya Mas BEJO, dongeng? Iya dongeng, cerita Mas Bejo itu kaya dongengnya ibu kita pas mau tidur. Dongeng yang buat merinding dan akhirnya kita pulas deh….temen-temen gak terasa ya, udah cerita banyak banget nih tentang kuliah tamu, nah ini ada cerita terakhir yang seru banget di sesi terakhir Mas BEJO menyampaikan materi, pas itu ada mahasiswa yang tanya gini sama mas BEJO “Mas Bejo, kenapa kok mau berhenti mengonsumsi narkoba”?, dan tahukah apa jawaban Mas Bejo?, awalnya sih ane ngira mas Bejo bakal jawab serem gitu, eh ternyata si mas Bejo ini menjawab dengan santai “Aku capek dikejar-kejar polisi”. Serentak semua peserta langsung tertawa karena jawaban Mas Bejo, Ternyata slanker juga takut sama polisi…hehehe.

Akhirnya sampai juga di akhir cerita teman-teman, Setelah pemberian materi oleh Mas Bejo, akhirnya acara kuliah tamu pun selesai. Yah, sedih banget nih, kita akan berpisah dengan semua. Acara kuliah tamu pun berakhir dengan dibacakannya do’a, semua berdo’a dengan khidmad, dan acara pun ditutup sama si MC cantik kita….

Karena mbak MC udah menutup acara, jadi ane juga mau pamit nih temen-temen, maap yah kalo ada salah kata. Dada temen-temen…….kita ketemu lagi di acara yang lain ya, samangat semua!! See you……