Wednesday , 29 March 2017

Kombinasi Metode Pembelajaran Bermedia UTS (Ular Tangga Senyawa) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tata Nama Senyawa Kimia Kelas X SMA

Kombinasi Metode Pembelajaran Bermedia UTS (Ular Tangga Senyawa) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tata Nama Senyawa Kimia Kelas X SMA

Bahtiar Kholili*a

a Guru Kimia SMA Negeri 1 Munjungan
Masaran, Munjungan, Trenggalek, Jawa Timur 66365

*Corresponding author’s Email: kholili72@yahoo.com

ABSTRAK

Upaya mempermudah siswa memahami tata nama senyawa kimia telah dilakukan dengan membuat media pembelajaran UTS (ular tangga senyawa) dan perubahan strategi pembelajaran yang lebih memotivasi siswa berperan aktif untuk belajar, mengembangkan inovasi dan kreatifitas, pelaksanaannya efektif serta menyenangkan. Pembelajaran tata nama senyawa UTS dapat dilakukan dengan menggunakan kombinasi beberapa metode pembelajaran, seperti: instruksi langsung, diskusi, tanya jawab, penugasan kelompok dan pemecahan masalah.

Peningkatan hasil belajar siswa tampak terjadi setelah dilakukan analisis data yang melibatkan 36 siswa sebagai subyek penelitian. Ditunjukkan dengan terdapat beda rata-rata nilai yang signifikan antara pra test (60,06) dengan post test (75,72). Saat proses pembelajaran berlangsung,  semua siswa secara aktif belajar dalam kelompoknya.

Kata kunci:     Kombinasi Metode Pembelajaran, Media UTS, Hasil belajar, Tata Nama Senyawa Kimia