Monday , 24 April 2017

Implementasi Publikasi Internasional dan Penelitian Bersama

Implementasi Publikasi Internasional dan Penelitian Bersama

Implementasi Publikasi Internasional dan Penelitian Bersama

Malang. Bertempat di Aula Dekan FMIPA UM Gedung O1 Lantai 2 diselenggarakan kegiatan diskusi antara perwakilan Universiti Teknologi Malaysia (UTM) dengan jajaran pimpinan Fakultas MIPA UM. Diskusi yang diadakan pada 27 Mei 2016 ini membahas tentang implementasi publikasi artikel ilmiah pada jurnal internasional bereputasi dan penelitian bersama antara dosen UM dengan dosen UTM.

Hadir dalam kesempatan ini perwakilan sekaligus dosen UTM Prof. Dr. Hamdan bin Said, Dip. Sc.Ed., Dekan FMIPA UM, Dr. Markus Diantoro, M.Si., Wakil Rektor IV, Dr. I Wayan Dasna, M.Si., M.Ed., Direktur Hubungan Internasional UM, Prof. Dr. Yazid Basthomi, M.A., perwakilan dari SPM, dan beberapa pimpinan FMIPA UM.

Dr.  Markus yang ditemui sebelum diskusi menyampaikan bahwa bulan April yang lalu sudah berkunjung ke Universiti Teknologi Malaysia untuk menjajaki kerjasama.

“Kunjungan kami ke UTM bulan lalu merupakan salah satu rangkaian implementasi yang ingin di terapkan dan dicapai dari kedua belah pihak. MoU yang kami lakukan ini, tingkatnya masih antar Dekan FMIPA UM dan Dekan Faculty of Science UTM, implementasinya akan dilanjutkan ke tingkat universitas,”ujarnya di awal wawancara.

“Kegiatan diskusi siang ini sebenarnya sudah rangkaian ke tiga, minggu lalu kami bersama WR 1 UM sudah menghadiri Indonesia-Malaysia research consultium forum, kami juga sudah kontak untuk implementasi  bekerjasama dalam dua bidang, yaitu research dan publikasi pada jurnal internasional bereputasi, pagi tadi sudah diadakan kuliah tamu dengan dosen matematika untuk mahasiswa S1, S2, S3, nah siang ini tim sudah siap dan sepakat untuk mendiskusikan implementasi langsung berkaitan dengan publikasi internasional,”jelasnya.

“Akan hadir dalam diskusi ini Wakil  Rektor Bdang Kerjasama, dekan FIP, ada juga perwakilan international office yang akan hadir. Besok Sabtu 28 Mei 2016 ada kegiatan seminar pendidikan matematika bekerjasama dengan pascasarjana bertempat di aula FMIPA,”terangnya

Lebih lanjut, Dekan FMIPA ini menyampaikan bahwa tanpa publikasi jurnal yang bagus derajat UM tidak akan terangkat di level internasional.

Dosen Fisika ini juga menyampaikan poin-poin apa saja yang akan dikerjasamakan dengan pihak UTM.

Sementara itu WR IV menyampaikan harapan atas kerjasama yang dijalin antara UM dengan UTM.

“Semoga diskusi implementasi ini dapat membawa manfaat kerjasama antara UM dengan UTM. Saat ini kita fokuskan diskusi implementasi ini pada 3 hal, yaitu student and start community, joint research, dan competition. Kedatangan Prof. Hamdan kesini saya kira sangat kita harapkan  untuk menunjang keberhasilan kerjasama  antar dua universitas, UM dengan UTM. Hubungan kerjasama yang sebelumnya sudah kita mulai bersama sebenarnya sudah kita rintis sejak kedatangan Prof. Hamdan ke Indonesia,”harapnya.

Galeri Kegiatan

Penulis   : Kautsar S
Editor    : Moch. Syahri
Sumber : http://www.um.ac.id/