Thursday , 19 January 2017

5 Tim Robotik UM Turun di Kontes Robot Indonesia (KRI) Regional IV Tahun 2016

Tim Robot

14 Mei 2016

Malang – Kontes Robot Indonesia (KRI) adalah ajang kompetisi robot se-Indonesia. Kompetisi ini sudah diadakan sejak tahun 1993 dan telah mengalami perkembangan setiap tahunnya baik dari jumlah peserta yang mengikuti maupun kategori yang dilombakan.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, yang kini berubah menjadi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, rutin menggelar ajang ini setiap tahunnya.

Karena banyaknya peserta yang mengikuti setiap tahun, tahun 2008 kompetisi ini dipecah menjadi dua tahap, yaitu Kontes Tingkat Regional dan Kontes Tingkat Nasional dan Tim terbaik pada Kontes Tingkat Regional diundang untuk mengikuti Kontes Tingkat Nasional.

Pada KRI 2016 yang diselenggarakan di Politeknik Negeri Jember dari tgl 5-7 Mei 2016, Universitas Negeri Malang (UM) yang masuk dalam Regional IV meliputi Jawa Timur dan sekitarnya, mengirimkan mahasiswa dari Fakultas Teknik sebanyak 5 (lima) tim dengan membawa 9 (sembilan) robot untuk turun dalam kontes ini. Tim ini turun dalam 4 divisi yaitu Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) kategori Beroda dan Berkaki, Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI), dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI).

Rombongan tim yang dikomandani oleh Dr. Eng. Siti Sendari, S.T.,M.T, menampilkan 5 (lima) tim yaitu URSA (KRAI), T-Kolonel (KRPAI Beroda), HEXA-ROW (KRPAI Berkaki), AERORA (KRSI) dan ELUMS (KRSBI). Robot-robot dari UM ini akan melawan robot dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Brawijaya dan Universitas Hang Tuah.

Penulis: Sely Sartika & Kartika Lazuardi
Editor: Moch Syahri
Sumber : www.um.ac.id